Permainan Tradisional Latto-Latto Akan Dilombakan Jurnalis Sumenep

News Satu, Sumenep, Kamis 29 Desember 2022- Untuk menyambut Tahun Baru 2023 yang tinggal beberapa hari lagi akan membuka kalender baru, para jurnalis di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berkomitmen melestarikan permainan tradisional yang saat ini sedang viral, yakni permainan Latto-latto.

Permainan Latto-latto itu akan dilombakan oleh Jurnalis Sumenep tepat dimomen pergantian tahun nanti. Lomba Latto-latto ini digelar hanya antar wartawan se Kabupaten Sumenep, yang dilaksanakan pada Minggu 1 Januari 2023. Sementara lokasinya yakni di halaman Perumahan Mentari, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep

Ketua Panitia Lomba Latto-latto antar Jurnalis Sumenep, Didik Setia Budi menerangkan, pemilihan permainan tradisional Latto-latto karena mampu bertahan dari generasi ke generasi.

“Lomba Latto-latto ini untuk menjalin silaturrahim antar para kuli tinta di Kota Keris. Selain itu untuk memeriahkan momentum tahun baru 2023,” katanya, Kamis (29/12/2022).

Pria yang juga menjabat kontributor Nettv itu melanjutkan, untuk memeriahkan lomba Latto-latto itu empat organisasi jurnalis mengaku siap memeriahkan.

“Saya sudah berkoordinasi ke Ketua PWRI, Ketua PWI, Ketua KJS dan Ketua AWDI. Mereka mengaku siap mengerahkan anggotanya untuk memeriahkan,” tambahnya.

Sementara, Panglima Jurnalis Sumenep, H. Herman Dali Kusuma mengaku siap mendukung lomba Latto-latto itu.

“Apa alasan saya untuk tidak mendukung para jurnalis menggelar lomba Latto-latto, Pak Presiden RI, Jokowi saja tertarik main Latto-latto,” tuturnya.

Bahkan, anggota Komisi 1 DPRD Sumenep itu meminta agar lomba itu digelar dirumahnya.

“Siap digelar didepan rumah saya. Saya senang membina silaturrahim dengan para kuli tinta karena mereka teman saya semua,” akunya.

Lomba Latto-latto antar jurnalis se Kabupaten Sumenep ini akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Saat ini beberapa calon sponsor sedang dalam proses negosiasi. (Zalwi)

Komentar