Prosesi Arya Wiraraja Sumenep Digelar Di Kota Lama

News Satu, Sumenep, Selasa 24 Oktober 2023- Prosesi Arya Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang biasanya digelar di areal Taman Adipura atau depan masjid Jamik setiap tahunnya. Kini pada tahun 2023, ditempatkan di Kota Lama Kalianget, Sumenep.

Hal itu sesuai dengan Instruksi Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, dalam rangka Hari Jadi Sumenep (HJS) ke 754, pelaksanaan prosesi Arya Wiraraja digelar di Kota Lama Kalianget, pada Sabtu (28/10/2023) mulai pukul 07.00 Wib.

“Pada tahun 2023 ini, prosesi Arya Wiraraja digelar di Kota Lama Kalianget,” kata Bupati Fauzi, Selasa (28/10/2023).

Lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, dalam acara Prosesi Arya Wiraraja Sumenep, Pemkab menghadirkan beragam kegiatan. Sehingga, kegiatan tersebut akan semakian meriah dengan menampilkan tari kolosal, pertunjukan topeng dalang, dhammong kreasi, saronen, jaran serek, juga kirab masyarakat.

“Untuk kirab ada 7 Desa yang ikut serta, selain itu pula ada musik tong-tong, jaran serek, tujuh kereta kencana, termasuk kirab dari organisasi perangkat daerah (OPD), serta camat,” ujarnya.

Ia pun mengajak masyarakat di luar Sumenep untuk datang dan menyaksikan kemegahan penampilan budaya Sumenep tersebut.

“Jika ingin melihat kemegahan budaya Sumenep, ayo saksikan langsung di Kota Lama Kalianget Sumenep,” ajaknya.

Achmad Fauzi Wongsojudo yang akrab dipanggil Cak Fauzi menambahkan, pada Minggu (29/10/2023) Pemkab Sumenep juga menggelar Haul Raja-Raja Madura.

“Kami juga menggelar Haul Raja-raja Madura, khususnya Raja yang memimpin Sumenep,” pungkasnya. (Robet)

Komentar