KesKamLing Lapas Narkotika Pamekasan, Inovasi Layanan Sehat WBP

News Satu, Pamekasan, Senin 1 Agustus 2022- Demi memberikan pelayanan prima kepada Warga Binaan Pemasyarakatan atau WBP Khususnya di bidang Kesehatan, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim kembali ciptakan Inovasi. Itu dilakukan agar setiap penghuni lapas setempat dapat rasakan langsung setiap pelayanan sehat dan sebagai cegah dini adanya wabah yang dikhawatirkan menjangkiti hunian kedepannya.

Nah, secara khusus inovasi tersebut diberi nama dengan “Keskamling”. Keskamling adalah layanan kesehatan yang dilaksanakan oleh Klinik Pratama Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan yang secara rutin dilaksanakan setiap seminggu 1 (Satu) kali yaitu pada hari Kamis.

Tak ayal jika target kegiatan ini yaitu menyasar pada WBP lansia dan WBP sakit yang enggan memeriksakan kesehatannya ke Klinik. Pasalnya kegiatan ini dilaksanakan di Blok Hunian dan Kamar khusus Lansia di pagi hari jam 08.00 sampai selesai.

“Keskamling bertujuan untuk mendekatkan layanan pemeriksaan kesehatan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan dan sebagai deteksi dini penularan penyakit di kamar hunian,” ungkap Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto.

Dalam teknis kegiatan ini semua dilaksanakan oleh pihak yang berkompeten dalam hal kesehatan di lapas setempat. Yakni oleh Dokter, Perawat dan Kader kesehatan klinik Pratama Lapas Narkotika Kelas IIA di Bumi Gerbang Salam tersebut.

“Kegiatan Keskamling ini meliputi Cek TTV, Cek Gula darah, cek Asam Urat, Cek Kolesterol , dan pemeriksaan fisik lainnya,” ujarnya.

Menariknya, setelah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, WBP akan mendapatkan kupon untuk mengambil obat di Klinik Pratama Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim. Sehingga semua konsep pelayanan kesehatan terpadu mulai dari deteksi dini hingga penyembuhan yang bisa dimanfaatkan setiap WBP setempat. (Yudi)

Komentar