Optimalkan Sentra Batik Pamekasan, Disporapar Inisiasi Klinik Kreatif Pemuda

News Satu, Pamekasan, Selasa 15 Maret 2022- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pamekasan Jawa timur, langsung inisiasi klinik pemuda dan remaja sebagai wadah kreatifitas. Bahkan melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) setempat hal ini akan menjadi sentra pengembangkan karya seni dan kreasi Bumi Gerbang Salam kedepan.

Pasalnya, gagasan klinik pemuda dan remaja sebagai bentuk konkrit dalam mengakomodir bakat ekonomi kreatif seluruh masyarakat. Terutama para generasi muda di kabupaten Pamekasan yang mempunyai kapasitas karya seni, bahkan pengrajin batik muda yang sudah resmi memiliki Gedung Sentra Batik Klampar, di Kecamatan Proppo.

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Kusairi, bersama tim khususnya kini sudah melakukan penyeleksian dan persiapan. Terutama dalam pengembangan karya seni yang dimiliki oleh pemuda dan remaja di berbagai Desa dan kecamatan di seluruh Kabupaten Pamekasan.

“Dengan adanya launching sentra batik Klampar tentu banyak pemuda yang meminati dan tentu ini mengurangi angka pengangguran serta membangkitkan ekonomi,” ujarnya, Selasa (15/3/2022).

Lebih lanjut Kadisporapar itu memaparkan, nantinya semua kreasi dan informasi itu akan diunggah di situs atau laman resmi Disporapar Pamekasan. Khususnya, untuk menginformasikan tentang peluang usaha dan tenaga kerja, agar masyarakat muda di kabupaten Pamekasan mempunyai wadah dalam karya seni dan membatik.

“Inisiatif ini untuk mengundang para wisatawan yang ada di luar kabupaten Pamekasan dan domestik untuk melihat langsung proses pembuatan batik tulis khas Pamekasan,” impalnya.

Bahkan, secara khusus Kusairi menyampaikan selain klinik kreatif muda di sentra batik Klampar, dia juga mempunyai inisiatif untuk membangun wisata batik lebih komplek. Semua dengan tujuan menumbuhkan minat para wisatawan yang ada di luar daerah Pamekasan agar lebih tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke Bumi Gerbang Salam setelah tahu potensi keunikan batik Pamekasan nantinya.

“Konsep tersebut sudah direncanakan, namun kami bersama tim masih perlu beberapa tahapan-tahapan yang mendalam dan matang,” ungkapnya.

Tak ayal, jika pemangku bidang kerja Pemuda, Olahraga dan Pariwisata itu mengatakan Inisiatif ini merupakan langkah-langkah taktis nya selama 2022. Sebagai ikhtiar yang menumbuhkan minat pariwisata sehingga perekonomian masyarakat lebih terbantu dengan banyaknya pengunjung dan wisatawan yang datang ke Pamekasan.

“Kami bergandengan tangan dengan Disperindag, Dinas koperasi untuk bersama-sama membangkitkan ekonomi masyarakat dengan cara mendatangkan pariwisata yang dari luar daerah ke Pamekasan,” tandasnya.(Yudi)