HEADLINENEWSPEMERINTAHANPEMKOT PROBOLINGGOPROBOLINGGOREGIONAL

Walikota Probolinggo Cek Langsung Bansos DKUPP

174
×

Walikota Probolinggo Cek Langsung Bansos DKUPP

Sebarkan artikel ini
Walikota Probolinggo Cek Langsung Bansos DKUPP
Walikota Probolinggo Cek Langsung Bansos DKUPP

News Satu, Probolinggo, Selasa 6 Desember 2022- Walikota Probolinggo menghadiri langsung kegiatan DKUPP setempat membagikan Bansos berupa peralatan penunjang pengembangan usaha bagi Usaha Mikro di Kota Probolinggo, Selasa (6/12/2022) di jalan mastrip halaman DKUPP (Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Probolinggo.

Sebanyak 280 orang mendapatkan 1 paket perorang yang berupa peralatan dapur (Kompor, Panci, Sutil dan lain lain) sedangkan 86 paket berupa peralatan tukang, salah satunya berupa Kompresor listrik. 69 paket sarana pemasaran, 68 paket sarana pemasaran, 68 paket sarana penyimpanan bahan baku, 17 paket (Frezer) dan 40 paket mesin jahit.

Walikota Habib Hadi menyampaikan bahwa giat pagi ini merupakan bentuk keberpihakan dan perhatian Pemkot terhadap pemberdayaan usaha mikro.

“Pemkot menerima banyak masukan-masukan, data, yang sekiranya mendapatkan perhatian dari Pemkot. Yaitu peralatan yang dibutuhkan pelaku UMKM,” katanya.

Kegiatan itu sesuai dengan undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM yang mengamanatkan untuk memberikan pelindungan, kepastian berusaha dan fasilitas yang memadai untuk pemberdayaan UMKM.

Habib Hadi berharap, pelaku usaha dapat terbantu mengembangkan usahanya, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru. Yang tujuannya meningkatkan perekonomian di keluarga dan secara tidak langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Probolinggo.

“Bantuan ini diberikan untuk mempermudah kegiatan bapak ibu selama ini. Serta bantuan ini juga diharapkan dapat memberikan stimulus bagi masyarakat untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dan bisa menjadi raja di kotanya sendiri. Kalau itu semua berjalan, insyaallah setelah mendapat bantuan, ke depan anda akan lebih mandiri dan tidak memerlukan bantuan lagi. Karena Anda sudah mapan dan siap mengembangkan usaha,” harapnya.

Walikota Kota Probolinggo juga mengingatkan penerima manfaat, untuk betul-betul memanfaatkan bantuan tersebut untuk mendukung usaha yang dijalani saat ini dengan sebaik-baiknya.

“Jangan sampai dijual atau ditukarkan dengan barang lain. Karena banyak yang mengharapkan bantuan seperti ini, tapi bapak dan ibu yang berkesempatan. Bantuan ini tidak akan berhasil dan mendatangkan manfaat kalau penerimanya tidak memanfaatkan,” pintanya.

Sementara untuk DKUPP, Habib Hadi menekankan untuk melakukan evaluasi dan monitoring atas dampak penyerahan bantuan peralatan terhadap perkembangan usaha pelaku UMKM agar supaya bisa menakar seberapa efektivitas bantuan yang telah diberikan. Sekaligus bantuan tersebut diharapkan dapat mengentaskan kemiskinan dan mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

“Tentunya, selain itu bantuan peralatan ini dapat menghadirkan kreasi serta inovasi untuk menjawab tantangan usaha yang selama ini menjadi hambatan dan kendala yang dihadapi pelaku UMKM,” tegasnya

Usai penyerahan bantuan secara simbolis, Habib Hadi dan rombongan lantas mengecek langsung bantuan yang akan diberikan. Tampak sesekali ia menanyakan spek dan kualitas bantuan yang diberikan termasuk bagaimana proses pengajuan bantuan dan kemungkinan adanya kendala yang dihadapi di lapangan. (Bambang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.