oleh

Donny M Siradj, Toron Yuk Bangun Sumenep

News Satu, Sumenep, Jumat 8 November 2019- Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merupakan sebuah daerah yang berada di ujung timur pulau garam Madura. Wilayah ini memiliki 126 pulau baik berpenghuni maupun tidak. Selain kaya dengan pulaunya, Sumenep juga kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA).

Melihat potensi yang luar biasa ini, membuat Donny M. Siradj yang merupakan putra asli Sumenep terpanggil untuk kembali atau toron kampong. Sebab, selama 14 tahun Donny M. Siradj ini terus berkeliling dunia untuk menambah pengetahuannya, baik dalam bidang ekonomi, kesehatan dan sosial budaya.

“Belasan tahun saya belajar di luar Sumenep, kini sudah saatnya ilmu dan pengalaman yang didapat mungkin bisa memberikan sumbangsi untuk pembangunan di Sumenep,” kata Donny M. Siradj yang memiliki jargon Toron Yuk …. Bangun Sumenep, saat Launching Yayasan Milenial Madura (YMM) di Pajagalan Sumenep, Jumat (8/11/2019) sore.

Lanjut Donny, lulusan terbaik dan tercepat dengan predikat high distinction IPK 3,7 di Executif MBA ITB & Alto University di Singapura, semangat untuk membangun Sumenep ini, diwujudkan dengan mendirikan Yayasan Millenial Madura (YMM), dengan misi pembangunan Sumber Daya Manusia 4.0 yang berkualitas sejalan dengan visi pemerintahan pada saat ini.

“Kami akan konsen pada bidang Keagamaan, Sosial Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan hidup,” ungkap Profesional Eksekutif Muda asal Sumenep ini.

Sambung Donny, YMM akan menjalin kerjasama dengan stakeholders utama di Bumi Sumekar ini, diantaranya, dengan pesantren-pesantren dalam membangun konsep pemberdayaan produktif ekonomi keummatan dengan memanfaatkan sumber pendanaan zakat infak sedekah dan wakaf.

“Contohnya program smart agriculture dan smart fisheries,” ujarnya.

Selain itu, YMM akan menjembatani pendirian Rumah Siap Kerja bagi para kaum Millenial atau kaum muda untuk memiliki keahlian dalam berwirausaha atau sebelum memasuki dunia kerja.

“Kami sudah merancang pembelajaran terbuka berbasis elektronik (elearning), untuk pemerataan pendidikan di daerah kepulauan atau pesisir,”paparnya.

Yayasan Milenial Madura juga akan merancang program kesehatan masyarakat berkelanjutan. Seperti sosialisasi masalah penyakit, donor darah, serta penyediaan ambulan gratis. Saat ini sedang merancang aplikasi android kesehatan yang fungsinya untuk mempercepat tindakan-tindakan medis serta konsultasi kesehatan gratis, baik itu di kepulauan maupun di daratan.

“Program prioritas bidang ini akan berkesinambungan dengan bidang kesehatan terkait tata kelola lingkungan sehat,” tandasnya.

Ia berharap, adanya dukungan dari semua elemen masyarakat kepada YMM, sebab yayasan yang didirikan tersebut tidak memiliki tujuan tertentu, apalagi masalah politik. Melainkan YMM ini didirikan murni untuk membangun Sumenep lebih baik dari segala sektor dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga program YMM ini berjalan dengan baik dan lancar, sehingga benar-benar dirasakan oleh masyarakat Sumenep baik di daratan maupun kepulauan,” pungkasnya. (NY/**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.