BPBD Jatim Harapkan ada Relawan di RS, Saat Kunjungi Pos SRPB Jatim

News Satu, Surabaya, Senin 13 Desember 2021- Pos Desk Relawan Erupsi Semeru yang didirikan Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, mendapat kunjungan dua tamu istimewa. Rombongan tamu tersebut diantaranya, Sekretaris BPBD Jatim, Erwin Indra Widjaja, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana periode 2008-2015, Profesor Syamsul Maarif.

Keduanya mengunjungi Pos Desk Relawan SRPB Jatim di Jalan Raya Dampit, RT 02 RW 04, Dusun Sumberwuluh Tengah, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, pada Kamis (9/12/2021) lalu. Meski telah beberapa hari dikunjungi, namun momentum itu jadi penyemangat bagi tim relawan dalam bertugas hingga saat ini.

Dalam kunjungan saat itu, Sekretaris BPBD Jatim Erwin Indra Widjaja berharap ada relawan yang berada di rumah sakit. “Karena setelah evakuasi tidak ada yang mengelola data korban,” katanya kala itu.

Menurut Erwin, sampai saat ini belum ada tenaga khusus yang mengelola data korban. Hal ini karena kesibukan yang luar biasa di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya.

Sedangkan para relawan yang ditugaskan dalam pencarian dan evakuasi, dia meminta kalau bisa ada tim relawan dari media organisasi mitra SRPB untuk turut meliput. Pasalnya, relawan fokusnya ke survivor atau jenasah yang ditemukan. Oleh karena itu, butuh tim tersendiri untuk media.

Sementara, Profesor Syamsul Maarif, sharing problem terkait permasalahan penanganan penyintas di masa tanggap darurat dan pasca bencana. Ia juga beramah tamah dengan para relawan dan memberikan motivasi.

Keduanya lantas ketika itu, meninjau Kampung Renteng dan Jembatan Gladak Perak yang putus. Mereka ditemani para relawan. Sedangkan rencana untuk melihat lokasi Curah Kobokan tidak memungkinkan karena kondisi cuaca.(Yud)

Komentar