Waspada, Pesan Penipuan Rekrutmen CPNS Beredar Di Sumenep

News Satu, Sumenep, Selasa 16 Januari 2018- Beredarnya pesan singkat berbentuk surat edaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) adalah berita bohong atau hoax. Sebab hingga saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep belum menerima pemberitahuan secara resmi dari Pemerintah Pusat untuk membuka rekrutmen CPNS.

“Hingga saat ini masih belum ada pemberitahuan secara resmi dari Pemerintah Pusat, jadi pesan itu adalah bohong,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Titik Suryati, Selasa (16/1/2018).

Dalam pesan yang dengan tulisan kop Surat ‘Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia’, terdapat laporan penetapan e-Formasi Tenaga Kerja Honorer, Pegawai Tidak Tetap, Pegawai Tetap Non PNS, dan Tenaga Kontrak Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019. Bahkan dari 533 Kabupaten/Kota yang telah  mengusulkan formasi CPNS, Kabupaten Sumenep berada pada urutan nomor 84, dengan jumlah usulan 130, dan ditetapkan 128.

“Informasi ini sengaja disebar oleh orang tidak bertanggungjawab, jadi masyarakat jangan langsung percaya. Sebab jika ada rekrutmen CPNS pasti akan diumumkan oleh Pemkab Sumenep,” ujarnya.

Sesuai PP 11 Tahun 2017, pemerintah daerah memang diminta untuk mengerimkan data formasi kebutuhan kepada Pemerintah Pusat secara online, termasuk formasi selama 5 tahun kedepan dan formasi priotitas.

“Kami (Pemkab Sumenep, red) memang diminta untuk mengusulkan data formasi prioritas sebanyak 943 PNS, terdiri dari tenaga pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Tapi, hingga saat ini masih belum ada pemberitahuan dari pemerintah pusat,” tandasnya. (Roni)

Komentar