HEADLINEJAKARTAMADIUNNASIONALNEWSNEWS SATUPEMERINTAHAN

Pemkab Madiun Raih Peringkat Ke 6 Nasional Dalam Penggunaan SPBE

917
×

Pemkab Madiun Raih Peringkat Ke 6 Nasional Dalam Penggunaan SPBE

Sebarkan artikel ini
Pemkab Madiun Raih Peringkat Ke 6 Nasional Dalam Penggunaan SPBE
Pemkab Madiun Raih Peringkat Ke 6 Nasional Dalam Penggunaan SPBE

News Satu, Jakarta, Selasa 28 Mei 2024- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, berhasil meraih peringkat ke-6 nasional dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Prestasi ini diumumkan dalam acara SPBE Summit 2024 dan peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta.

Acara yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ini diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk mendorong peningkatan layanan digital di setiap instansi pemerintah.

Pemkab Madiun menempati urutan ke 4 di tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Timur, urutan ke-6 di tingkat kabupaten/kota se-Indonesia, dan urutan ke-10 dari 621 instansi pemerintah pusat dan daerah.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya integrasi dan interoperabilitas aplikasi, data, dan layanan antar kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

“Kesederhanaan dalam pelayanan dapat berdampak positif pada masyarakat,” kata Presiden Jokowi, Selasa (28/5/2024).

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, yang juga Ketua Tim Koordinasi SPBE Nasional, menyatakan bahwa hadirnya GovTech akan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memberikan berbagai kemudahan.

“GovTech akan bertugas menggerakkan keterpaduan layanan digital pemerintah yang selama ini tersebar di berbagai platform atau aplikasi,” tandasnya.

Peluncuran GovTech Indonesia diharapkan menjadi tonggak sejarah dalam percepatan penerapan pelayanan publik terpadu berbasis digital. Pada acara SPBE Summit 2024 ini, penghargaan diberikan kepada instansi pemerintah yang berhasil mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik.

“Selain itu, dilaksanakan pula penandatanganan komitmen oleh pimpinan instansi kementerian/lembaga yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas,” ujarnya.

Prestasi yang diraih oleh Pemkab Madiun ini menunjukkan komitmen dan upaya serius dalam meningkatkan layanan publik melalui penerapan teknologi informasi yang terintegrasi dan efisien.

“Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi instansi lain untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.