Pemdes Baru Jaya Ikuti Pelatihan Pengolahan Ketahanan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal

News Satu, Musi Banyuasin, Jumat 14 Oktober 2022- Guna memaksimalkan penggunaan pangan lokal dan pencegahan stunting, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) dan DKP menggelar Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal, yang dilaksanakan di gedung serba guna Desa Sinar Jaya Batusari, Rabu (12/10/2022) kemarin, kegiatan dilaksanakan selama 3 hari.

“Jadi, hari ini kami mengadakan Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal yang berkaitan untuk mencegah stunting. Target dari kegiatan ini, tentunya untuk ibu-ibu yang punya anak kecil dan memiliki kesibukan. Sehingga, kita berikan pelatihan untuk mengolah makanan terutama dengan bahan lokal, dan menu yang variatif,” ungkap Hanafi salah satu pemateri.

Ia melanjutkan, kegiatan ini sudah rutin dilakukan oleh DPMD dan DKP, bahkan sudah dijadikan perlombaan pengolahan pangan dengan bahan lokal di wilayah-wilayah di kabupaten Musi Banyuasin.

“Untuk pelatihan pencegahan stunting ini sudah dijadikan agenda rutin, kalau untuk pengolahan pangan sudah cukup sering kami lakukan bahkan sudah dilombakan juga di desa desa di Kabupaten Musi Banyuasin,” lanjutnya.

Salah satu peserta, Harminah mengatakan kegiatan ini sangat membantu untuk menambah varian menu untuk dimasak di rumah terutama dengan menggunakan pangan lokal.

“Kami sangat terbantu dengan kegiatan seperti ini. Saya harap, bisa membantu untuk masyarakat menambah keanekaragaman menu yang akan dimasak di rumah dengan bahan-bahan lokal,” harapnya.

Senada disampaikan Kepala Desa Baru Jaya Eko Erwanto dengan dilaksanakanya kegiatan pelatihan ini tentunya dapat menjadi ilmu bagi kader kader PKK di desa dengan harapan dapat meminimalisir stunting di desa Baru jaya.

“Alhamdulillah kegiatan ini tentunya sangat menunjang program pemerintah kabupaten dalam menekan tingginya angka stunting di desa desa,” tutupnya. (Iwan)

Komentar