Polres Buru Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Siwalima 2019

News Satu, Buru, Kamis 21 November 2019- Kepolisian Resort (Polres) Pulau Buru, Maluku, menggelar apel pasukan Operasi Zebra Siwalima 2019 di Halaman Mapolres.

Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati, S.I.K, M.Si  mengatakan bahwa permasalahan dibidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor.

“Kami akan akan menggelar operasi Zebra Siwalima selama 14 hari, terhitung dari tanggal 23 Oktober sampai dengan tanggal 5 November 2019,” katanya, Kamis (21/11/2019).

Lanjut Kapolres Pulau Buru, Polisi Lalu Lintas akan terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya). Sesuai UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi, Kapolres Pulau Buru Gelar Open House

“Selain itu, juga untuk menurunkan tingkat fatalitas korban,” tandasnya.

Kapolres juga menjelaskan bahwa jumlah kecelakaan lalu lintas operasi zebra siwalima 2018 terjadi sebanyak 22 kejadian jumlah ini mengalami peningkatan 7 kasus atau naik 47% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 15 kejadian.

“Secara umum dari hasil evaluasi tersebut bahwa dominasi pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan safety belt dan pelanggaran THD Rambu/Marka jalan,” terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dalam operasi ini yaitu meningkatkan  disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Terutama menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sadar dan patuh hukum,” pungkasnya. (Sofyan)

Komentar