News Satu, Ogan Komering Ilir, Kamis 2 Juni 2022- Sekda OKI, H. Husin, S.Pd, MM, M.Pd bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Asisten Setda, Staf Ahli Bupati serta Kepala Kesbangpol OKI mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual.

Dalam upacara yang dilaksanakan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur tersebut, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang bertindak selaku Inspektur Upacara mengajak seluruh masyarakat Indonesia di manapun berada untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ia mengatakan, Pancasila tak hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia, namun juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

“Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak bangsa dimanapun berada, untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ujar Presiden Jokowi dalam amanatnya.

Presiden Jokowi mengingatkan agar seluruh elemen bangsa benar-benar mengamalkan dan memperjuangkan nilai-nilai Pancasila. Pengamalan Pancasila dapat diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan maupun interaksi antar sesama anak bangsa.

“Inilah tugas kita bersama. Tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai Ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya dan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah,” kata Presiden.

Pada akhir amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh pemimpin pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” pungkasnya. (Hasan)

Komentar