News Satu, Pamekasan, Kamis 12 Mei 2022- Usai libur bersama lebaran Idul Fitri 1443 H, jajaran Bea Cukai Madura atau BCM grebek instansi mitra yang ada di Kabupaten Pamekasan Jawa timur. Alasannya, yakni untuk melaksanakan beberapa sinergi dengan instansi pemerintah yang selama ini satu semangat untuk memberikan pelayanan yang baik, baik segenap lapisan masyarakat.

Tak ayal jika pola grebek sinergi kali ini diagendakan dalam nuansa halal bihalal. Bahkan sekaligus jadi ajang siturrahmi dengan beberapa pejabat baru di jajaran forkopimda pada Kabupaten Pamekasan, mulai awal pekan lalu.

Tidak bisa dipungkiri, kinerja optimal yang dicapai Bea Cukai Madura selama ini tidak lepas dari hasil sinergi dengan beberapa instansi pemerintah lainnya. Semua dilakukan dan didukung oleh jajaran forkopimda yang juga menjadi salah satu unsur penegak hukum terutama yang mendukung kinerja kepabeanan.

Buktinya, markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0826 Pamekasan menjadi sasaran grebek silaturahmi pertama Yanuar Calliandra. Tak ayal selaku, Kepala Kantor Bea Cukai Madura, dia memimpin rombongan pejabat terkait dalam semangat bersinergi pagi itu.

Tak dinyana, Letkol Inf. Ubaidillah, Komandan Kodim 0826 Pamekasan langsung menyambut hangat kunjungan Yanuar beserta rombongan. Sebab, selain bertujuan untuk bersilaturahmi dengan Letkol Inf. Ubaidillah yang baru menjabat Maret 2022 lalu, kunjungan tersebut juga membahas sinergi pemberantasan rokok ilegal yang masih menjadi pokok utama yang diagendakan mendatang oleh Bea Cukai Madura bersama Kodim 0826 Pamekasan.

“Pada kesempatan itu, turut hadir pula Kepala Kantor Kejaksaan Negeri Pamekasan, Mukhlis,” ungkapnya, Kamis (12/5/2022).

Semua menurut dia, bisa bersinergi dengan satuan kerja di bawah kementerian keuangan juga dilakukan oleh Bea Cukai Madura. Termasuk Tri Tenggo Sukmono, Kepala KPPN Pamekasan yang baru menjabat sejak April 2022 yang juga sempat sambangi Kantor Bea Cukai Madura.

“Kunjungan ini bertujuan untuk saling mengenal pejabat baru sekaligus silaturahmi setelah lebaran. Sinergi yang terjalin dengan KPPN selama ini memang terbilang sangat baik,” tandasnya.

Sekedar informasi, selama ini penggunaan aset bersama aula kantor KPPN adalah salah satu contoh sinergi nyata yang sudah dilakukan. Sehingga secara teknis kinerja pihak tersebut dilakukan dari dulu dan selalu sinergis meski bukan serumpun dalam kelembagaan.(Yudi)