Diskominfo Berperan Aktif Sosialisasikan DBHCHT Melalui Mitra Media di Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Senin 13 September 2021- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur dan Bea Cukai Madura terus melakukan gerakan sinergi. Salah satunya, dalam sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2021 di Bumi Gerbang Salam melalui berbagai mitra media setempat.

Menurut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika atau Diskominfo Kabupaten Pamekasan, Mohammad yang hadir dalam satu kesempatan mengaku pihaknya baru kali ini terlibat pelaksanaan sosialisasi DBHCHT. Pasalnya, terhitung mulai tahun 2021 ini berbagai kegiatan publikasi dan kehumasan Pemkab setempat, sudah menjadi tugas dan fungsi pihaknya.

“Pelaksanaan DBHCHT di tahun sebelumnya dilaksanakan oleh humas, dan saat ini kegiatan kehumasan dialihkan ke Diskominfo,” ungkapnya, Senin (13/9/2021).

Pihaknya mengatakan saat ini Diskominfo menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan sosialisasi, edukasi dan informasi terkait DBHCHT ke masyarakat Bumi Gerbang Salam. Sebab, sesuai peran yang ada, Diskominfo dalam pemanfaatan DBHCHT ini, dengan melakukan sosialisasi melalui berbagai mitra media yang ada.

“Peran kami menyelenggarakan sosialisasi via media yaitu media cetak bisa koran dan sebagainya dan elektronik radio serta sosmed,” tukasnya.

Sedangkan, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Bea Cukai Madura, Zainul Arifin mengatakan, DBHCHT di Pamekasan cukup besar pada tahun 2021. Karenanya sangat perlu untuk dikomunikasikan dan disebarluaskan dengan baik oleh berbagai pihak yang ada.

“25% dari DBHCHT digunakan untuk penegakan hukum dan salah satunya adalah penyampaian informasi kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa metode yang digunakan dalam menyampaikan informasi DBHCHT. Pertama, metode tatap muka atau manual yang sudah berjalan dengan melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat di pelosok melalui peran Pemkab juga.

“Selain tatap muka juga melalui Radio dan Televisi (TV) Talkshow, lalu terakhir dengan Media Sosial (Medsos) yang senantiasa menggaungkan informasi,” tuturnya.(Yud)

Komentar