News Satu, Pamekasan, Kamis 30 Juni 2022- Pemerintah kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, bersama jajaran terkait dan kepolisian setempat mulai sisir peternakan sapi di Bumi Gerbang Salam. Bahkan secara simultan terhitung Minggu ini sudah melakukan sosialisasi dan vaksinasi di beberapa kecamatan di kabupaten Pamekasan.

Tak ayal jika Petugas dari Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan melakukan Vaksinasi terhadap hewan ternak. Terutama pada sapi yang dipelihara warga, untuk menekan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
Buktinya, tim gabungan tersebut melalui hal itu pada sapi milik para peternak di Desa Durbuk, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, selama sehari pada Rabu (29/6/2022).

Pasalnya, sesuai aturan pemerintah vaksinasi ini diharapkan dapat menjangkau berbagai desa yang ada di berbagai pelosok dan kecamatan setempat nantinya.

Menurut Kapolres melalui Iptu D Riawanto, selaku Kapolsek Pademawu, pihaknya bergerak bersama Kades Durbuk Mohammad Baidawi dan Perangkatnya. Itu untuk memastikan vaksinasi berjalan dengan baik dan lancar, dengan ikut dalam setiap kegiatan Vaksinasi terhadap hewan ternak sapi tersebut.

“Vaksinasi PMK tersebut diawali di Balai Desa Durbuk dilanjutkan kerumah warga yang ada Desa Durbuk, kegiatan Vaksinasi dimulai jam 08.00 pagi,” ungkapnya, Kamis (30/6/2022).

Bahkan di lapangan para peternak sapi merasa senang dan menyambut baik upaya bersama pemerintah dan pihaknya untuk vaksinasi secara dini. Sebab wabah ini dikhawatirkan dapat merugikan para peternak jelang lebaran idul adha mendatang.

“Acara Vaksinasi dilakukan di Balai Desa Durbuk kemudian kita lanjutkan ke rumah warga khususnya warga Desa Durbuk,” tukasnya.

Sebagai informasi, memang selama ini pihak pemerintah kabupaten Pamekasan dan kepolisian selalu melakukan pemantauan sebaran dan upaya bersama mencegah meluasnya PMK di bumi gerbang salam. Maka kedepannya diharapkan kepada masyarakat untuk terus berkoordinasi dan bisa menghubungi para pendamping DKPP setempat jika ada keluhan dan aduan masyarakat terkait wabah sapi ini. (Yudi)