oleh

Forpim PTM, Sepakat  Madura Jadi Provinsi

News Satu, Pamekasan, Selasa 10 November 2020- Para petinggi perguruan tinggi di Pulau Garam menyatukan visi dan misi untuk membentuk panitia khusus. Terutama dalam mempersiapkan langkah nyata mendukung penuh persiapan dalam pembentukan Provinsi Madura di Auditorium IAIN Madura jalan Panglegur Tlanakan Pamekasan, hingga Selasa (10/11/2020) Sore.

Pertemuan spesial ini dilakukan oleh 25 pimpinan perguruan tinggi seluruh Madura yang menjadi pimpinan kampus di semua kabupaten di pulau Madura. Mulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan hingga Sumenep.

Alhasil diberbagai sesi dalam pertemuan tersebut menghasilkan dan sepakat membentuk panitia khusus atau Pansus. Dengan nama Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Madura (Forpim-PTM), lalu didapuk sebagai Ketua Pansus, Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM),  Muhammad Syarif, Serta dibantu sekretaris, yakni Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim.

Sementara itu, Rektor IAIN Madura, Mohammad Kosim mengutarakan, bahwa terbentuknya pengurus pimpinan rektor Madura ini sebagai bentuk dukungan dan penguatan terhadap Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) untuk lebih ekstra. Sehingga peran Akademisi lebih nyata dalam sumbangsih memajukan Madura ke depannya.

“Pimpinan seluruhnya rektor perguruan tinggi di Madura sepakat dan mendukung penuh pembentukan provinsi Madura, tentunya dengan semangat Madura berkemajuan” terangnya.

Ditambahkan, nanti langkah pertama Forpim-PTM akan segera mengirim pengakuan resmi secara tertulis terkait pembentukan provinsi Madura kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Juga akan disertai berbagai naskah akademik  pendukung dan gambaran potensi kekayaan alam yang di miliki Madura.

Selain data pokok itu, juga akan dilampirkan beberapa dukungan dan dokumen dari berbagai elemen masyarakat. Terutama dari tokoh masyarakat dan ulama yang berasal dari Madura. Bahkan, juga Forum Rektor Madura dalam kesempatan itu, sepakat untuk mengusulkan Syaikhona Kholil Bangkalan sebagai Pahlawan Nasional.

Kemudian setelah ini, panitia akan mencari dan mendalami berbagai profil Syaikhona Kholil serta mencari karya-karya yang bersangkutan dalam peran aktifnya merebut kemerdekaan Indonesia.

“Kemudian selain itu juga disepakati untuk mendukung penuh atas usulan, Syaikhona Kholil diusulkan sebagai pahlawan nasional,” tegasnya. (Yudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.