Ini Alasan Pemkab Pamekasan Lakukan Road Show Gebyar Batik Jawa-Bali

News Satu, Pamekasan, Selasa 22 Maret 2022- Pemerintah kabupaten Pamekasan Jawa timur tentu memiliki alasan kuat untuk mengenalkan produk unggulan masyarakat Bumi Gerbang Salam. Itu sebagai tugas besar untuk mendorong UMKM bangkit dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Nah, salah satunya dengan menggelar road show gebyar batik sebagai promosi batik Pamekasan ke khalayak di Jawa Bali. Sebab menurut Bupati Baddrut Tamam, UMKM akan menjadi penggerak perekonomian bangsa di bawah kendali e-comerce.

“Mudah-mudahan kerja sama ini bisa berlanjut, Kabupaten Tuban bisa ke Pamekasan, bisa promo bareng, atau misalnya bisa design bareng, batik Pamekasan dan Tuban,” tuturnya, Selasa (22/3/2022).

Bupati Baddrut Tamam juga menyampaikan, Program Wirausaha Baru (WUB) dengan strategi Desa tematik. Semua itu digagas Pemkab Pamekasan dan telah berhasil membuat masyarakat dan anak muda memiliki keterampilan baru sesuai dengan pelatihan yang mereka ikuti.

Baca Juga :  Tiket KKN Desa Penari Dijual Calo, Harga Dua Kali Lipat

Tak ayal jika saat ini telah ada yang berhasil memproduksi berbagai produk unggulan. Seperti songkok, sarung, jilbab batik, sepatu batik dan produk-produk lain yang orientasinya mendorong batik Pamekasan menjadi bagian idola produk UMKM.

“Kita beri alatnya melalui CSR (corporate social responsibility), pinjaman modal dengan bunga nol persen, serta kita fasilitasi pemasarannya baik offline maupun online. Yang ofline kita bangun wamira mart, dan yang online kita kerja sama dengan Kementerian Kominfo. Cara ini kita pilih untuk menjadikan UMKM naik kelas,” tandasnya.

Seperti diketahui, Gebyar batik di Kabupaten Tuban menampilkan beberapa design batik Pamekasan dengan segmen anak muda ala Korea. Bahkan langsung diampu oleh designer ternama Embran Nawawi, serta designer muda lainnya dari Kabupaten Pamekasan.

Baca Juga :  Ini Harapan Bupati Baddrut untuk Supporter Tretan Dhibi' Pamekasan

“Terima kasih atas kerja samanya, semoga kerja sama ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Pamekasan, utamanya para perajin batik,” tutupnya.(Yudi)

Komentar