oleh

Jelang Pilkada Sumenep, Polres Pamekasan Siapkan Kapasitas Dalmas

News Satu, Pamekasan, Kamis 10 September 2020- Meningkatkan kemampuan anggota merupakan upaya pengembangan kapasitas dan kesiapan personel secara umum. Namun, menjelang Pilkada serentak 2020, Polres Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar latihan Dalmas.

Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar, S.I.K., M.Si yang didampingi PJU Polres Pamekasan, memimpin langsung jalannya latihan. Personil yang diterjunkan dikondisikan sebagaimana kejadian yang sebenarnya. Dengan melibatkan ratusan polisi semua bagian.

Awalnya, personil menggunakan peralatan yang biasa disiapkan. Tujuannya, pelatihan tersebut untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa. Karenanya, diskenariokan yang sebenarnya di lapangan, mengingat dalam waktu dekat akan dilaksanakan pilkada serentak.

“Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan, maupun formasi Dalmas. Terutama, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas,” katanya, Kamis (10/9/2020).

Kapolres Pamekasan melalui Kasubbaghumas Polres Pamekasan, AKP Nining Dyah PS, mengatakan mengendalikan massa ada beberapa tahapan yang siapkan. Yakni, mulai tindakan preventif dengan tim negosiator.

Hingga, terpaksa menggunakan peralatan pemecah massa seperti, gas air mata sampai water canon yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur / SOP. Jadi tahapannya sesuai dengan arahan dan juknis di lapangan.

“Dengan latihan dalmas dan alarm stelling, diharapkan pilkada sumenep 2020, dapat terlaksana dengan baik dan aman” pungkasnya. (Yudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.