Paskibraka Dikukuhkan Bupati Pamekasan, Harap Jadi Pemimpin Masa Depan

News Satu, Pamekasan, Selasa 16 Agustus 2022- Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, dikukuhkan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Selanjutnya mereka akan bertugas sebagai pengibar dan penurun bendera pada hari kemerdekaan Indonesia di Halaman Mandhapa Agung Ronggo Sukowati pada 17 Agustus 2022 besok.

Nah, sebagai pasukan yang bertugas dan diembani tanggung jawab yang cukup besar memiliki, maka menurut Baddrut Tamam mereka bisa jalankan dengan sungguh-sungguh dengan memiliki tugas utama tersebut. Diantaranya yakni sebagai tim mengibarkan dan tim menurunkan Bendera Pusaka, Sang Saka Merah Putih pada upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2022 ini.

“Sekarang pun kita meyakini bahwa anggota Paskibraka ini merupakan harapan bangsa, calon pemimpin di masa-masa yang akan datang,” tandasnya.

Oleh sebab itu, dikesempatan kali ini bersama segenap Forkopimda setempat Baddrut mengucapkan selamat bertugas anak-anak bumi gerbang salam, anggota Paskibraka. Yakinlah bahwa pendidikan dan pelatihan selama menjadi anggota Paskibraka akan membentuk dan menempa mental dan kedisiplinan.

“Selain semangat perjuangan, patriotisme, serta rasa cinta terhadap NKRI. Kejarlah cita-citamu dan harumkan Ibu Pertiwi,” ucapnya.

Sekedar informasi, menurut kisah yang dikupas Baddrut Tamam dalam catatan sejarah, Paskibraka lahir pada 1946, saat Ibukota Indonesia pindah ke Jogja. Mayor (Laut) Husein Mutahar diperintahkan Presiden RI, Ir. Soekarno, untuk menyiapkan pasukan penginar bendera di halaman Istana Gedung Agung Jogja.

Di benak Husein Mutahar, Paskibraka bukan hanya bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera. Sehingga perlu tim khusus yang cukup sakral keberadaannya untuk melakukan itu kemudian menjadi tauladan bagi segenap generasi muda Indonesia yang bisa menginspirasi dan berbudi luhur di masyarakat.

“Tetapi mereka juga akan menjadi generasi pilihan yang akan meneruskan perjuangan para pendiri bangsa,” tuturnya.(Yudi)

Komentar