Semangat Kewirausahaan, Ditularkan Hingga Kalangan Pondok Pesantren

News Satu, Pamekasan, Jum’at 20 Mei 2022- Penguatan upaya Kesejahteraan Rakyat terus dilakukan pemerintah kabupaten Pamekasan Jawa timur di berbagai lapisan melalui semangat interpreneur atau kewirausahaan. Bahkan, bukan hanya di kalangan masyarakat Bumi Gerbang Salam saja, melainkan di lingkungan pondok pesantren yang ada, agar semangat yang sama semakin merata dan menyeluruh di setiap lini.

“Alhamdulillah, kegiatan Launching Kemandirian Pondok Pesantren Berbasis Agri Santriprenuer yang bertempat di Pondok Pesantren Sumber Bungur, Pakong, berjalan lancar,” ujar Bupati Baddrut Tamam, Jum’at (20/5/2022).

Tak ayal jika dalam rangkaian acara launching ini juga diisi dengan penanaman bibit pisang cavendish, penanaman bibit ikan lele dan nila. Lalu juga Bupati Pamekasan berkesempatan untuk lakukan pemberian pakan ayam dan pemantauan lokasi lahan pertanian pondok pesantren Sumber Bungur.

“Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama lintas sekror. Selain Pemkab Pamekasan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, juga terlibat di dalamnya Kemenag RI dan LPPNU Cabang Pamekasan,” tandasnya.

Jadi nantinya Pemkab bersama-sama Kemenag dan LPPNU Pamekasan akan selalu memfasilitasi kegiatan inkubasi bisnis. Khususnya yang dilakukan oleh pesantren dalam sektor ketahanan pangan dan peternakan di 13 pesantren yang berada di 13 Kecamatan sebagai pilot project.

“Kegiatan ini adalah bagian dari bentuk fasilitasi sarana belajar bagi generasi muda di kalangan santri menumbuhkan semangat santriprenuer di bidang pertanian dan juga sebagai sarana kemandirian pesantren,” katanya.

Nah, nanti muaranya adalah partisipasi ketahanan pangan yang harus terus digenjot pemerintah daerah. Karenanya, menurut Baddrut Tamam, posisi Kemenag RI sebagai pemegang kebijakan pesantren, sedangkan Pemkab Pamekasan kebijakan di bidang pertanian dan LPPNU sebagai pembimbing dan juga bisa menjadi off taker.

“Tentunya mitra-mitra lainnya untuk pengembangan pertanian di pesantren untuk tumbuh kembangnya Agri Santriprenuer akan terus berkembang, seperti dari Fakultas Peternakan UGM dan beberapa mitra lainnya,” tuturnya.(Yudi)