oleh

Unik, Sarasehan Sejarah Pamekasan Digelar Dalam Bus Wisata

News Satu, Pamekasan, Senin 11 Oktober 2021- Satu kata unik, dengan tujuan mengenang sejarah Bumi Gerbang Salam pada tahun 1965. Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMP) Sejarah di Pamekasan gelar napak tilas dan paparan sejarah dengan bus Mandala wisata.

Semua dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan upaya mencintai Sejarah di kalangan siswa SMA dengan Nara sumber, Drajid pelaku sejarah 1965. Tak ayal, jika Pelaksanaannya yang merupakan para guru dalam MGMP Sejarah SMA Negeri/Swasta Se Kabupaten Pamekasan itu format dengan cara apik tersebut.

Pada kesempatan itu peserta diikuti oleh berbagai kalangan pendidik dan siswa. Diantaranya, Guru Sejarah dan Siswa SMA Negeri/Swasta Se Kabupaten Pamekasan. Namun, meski disambut antusias haruslah terbatas sesuai kapasitas dan Prokes yang ada sehingga hanya dibatasi jumlah sekitar 40 orang di setiap sesinya.

“Kegiatan dilakukan hari Senin, 11 Oktober 2021 dimulai pada jam 07.30-11.000. Start dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Pamekasan,” ungkap Ketua MGMP Sejarah Kabupaten Pamekasan, Susila Setyaweni, S.Pd., Senin (11/10/2021).

Ditambahkannya ada juga dalam perjalanan tersebut, awalnya dalam prosesi pelepasan dari Kantor Cabdin Pamekasan (Bakorwil), diawali dengan sambutan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Pamekasan. Lalu juga Ketua panitia dan Ketua MGMP Sejarah Kabupaten Pamekasan.

Setelah itu, lalu bus khusus itu bergerak menelusuri jejak peristiwa 1965 di kawasan Pamekasan. Mulai dari Kelurahan kolpajung, monumen arek lancor kemudian ke TMP Panglegur Kecamatan Tlanakan.

“Diskusi dan tanya jawab di dalam bus Coffee selama rute perjalanan berlangsung atraktif dan asik,” ujarnya.(Yudi)

Komentar