Munculnya Hiu di Perairan Pelabuhan Kota Probolinggo, Bikin Warga Kaget

News Satu, Probolinggo, Selasa 4 Januari 2022- Sejak akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022, seekor ikan Hiu Tutul golongan binatang buas sering muncul di perairan tepi laut perairan kota Probolinggo, tepatnya di pelabuhan kota Probolinggo, Jawa Timur.

Jamaludin (40), warga kelurahan Mangunharjo, kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, menceritakan dirinya bersama temannya sempat kaget melihat seekor ikan hiu Tutul yang memiliki berat sekitar 2 ton dan panjang sekitar 10 meter muncul di pantai pelabuhan Tembaga kota Probolinggo.

“Hiu Tutul panjangnya sekitar 10 meter dan berat sekitar 2 ton main dipinggir laut tepatnya di tempat bongkar muat barang pukul 16.30 Wib,” ujarnya, Selasa (4/1/2022).

Selain itu, seorang nelayan bernama Matdillah (60), meminta agar warga yang melihat ikan hiu Tutul tersebut untuk tidak membunuh ataupun mengganggunya. Sebab, menurutnya, ikan tersebut tidak buas walaupun termasuk golongan bangsa ikan buas.

“Sudah biasa kalau musim angin dan hujan, ikan hiu Tutul ke pinggir laut tetapi tidak bahaya kok. Jangan diganggu ataupun dibunuh, biarkan saja. Tetap hati-hati. Ikan hiu Tutul sudah dianggap ikan penjaga laut Probolinggo,” paparnya.

Dari pantauan reporter Newssatu di lokasi, warga nelayan dan aktivitas bongkar muat di pelabuhan tetap berjalan lancar. Dan keberadaan ikan hiu Tutul itu sudah dianggap hal biasa.(Bambang)

Komentar