oleh

Satgas Covid-19 Ketapang, Tutup Pasar Sapi di Sampang

News Satu, Sampang, Jum’at 9 Juli 2021- Pasar Kamisan yang berada di desa Ketapang Daya menjadi perhatian khusus Satuan Tugas atau Satgas Covid-19 setempat. Pasar Sapi terbesar yang berada di Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang Jawa Timur, mulai hari Kamis (8/7/2021) kemarin, sepi dari penjual maupun pengunjung.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Ketapang AKP A.R Dwi Nugroho yang saat itu bersama Camat Ketapang Didik Adi Pribadi AP.  Dengan puluhan personil gabungan dari Polsek Ketapang, Koramil Ketapang, Pasukan marinir Surabaya dan Sat. Pol PP Kabupaten Sampang menutup sementara pasar yang digunakan transaksi jual beli sapi setiap hari kamis tersebut.

“Pasar Sapi Kamisan ini merupakan pasar sapi terbesar dan teramai di Kabupaten Sampang, yang banyak didatangi ribuan warga sampang dan 3 kabupaten lain di pulau Madura bahkan pembeli juga berasal dari luar Madura” ungkapnya. Jumat (9/7/2021).

Sementara itu, Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz yang diwakili Kapolsek Ketapang AKP A.R Dwi Nugroho mengatakan, Satgas Covid-19 Kecamatan Ketapang menutup sementara pasar sapi. Semua setelah ada hasil koordinasi dengan tim kecamatan bersama AKD dan perwakilan dari masyarakat yang sudah disetujui Tim Covid-19 Kabupaten Sampang.

Selain itu, kegiatan penutupan sementara pasar untuk menindaklanjuti Inmendagri No. 15 tahun 2021. Yakni tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2021 di Wilayah Jawa dan Bali dalam pengendalian dan pencegahan Covid-19, khususnya di Kecamatan Ketapang.

Lebih lanjut lagi Kapolsek Ketapang juga menuturkan, kegiatan penutupan sementara pasar sapi kamisan dimulai pukul 04.30 Wib. Dengan teknis, menyekat atau menutup akses jalan yang menuju pasar tersebut diantaranya Pertigaan Ketapang, Pertigaan Pengambe’an dan di depan pasar Kamisan Desa Ketapang Daya Kecamatan Ketapang.

“Semua dilakukan oleh petugas gabungan dari Polsek Ketapang, Koramil Ketapang, Marinir dari Pasmar Surabaya dan Satpol PP Kabupaten Sampang,” ujarnya.

Bahkan, dalam upaya penutupan pasar berlangsung aman terkendali berkat kerjasama TNI-Polri dan Pemkab Sampang serta dukungan AKD dan tokoh masyarakat. Mulai tumbuh kesadaran masyarakat khususnya warga dari Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang terkait penetapan PPKM Mikro Darurat itu.

Sementara itu, Camat Ketapang Didik Adi Pribadi AP juga menyampaikan kesepakatannya. Sebab, penutupan sementara pasar sapi kamisan untuk menghindari sebaran Covid-19 yang semakin naik.

“Pasar ini ditutup sementara untuk melindungi masyarakat akan Covid-19. InsyaAllah apabila situasi dan kondisi sudah memungkinkan kita akan lakukan tindakan-tindakan kegiatan secara normal dan wajar sehingga masyarakat bisa kembali bertraksi jual beli sapi seperti biasa,” paparnya.

Selain kegiatan penutupan pasar sapi kamisan, tim tugas Covid-19 Ketapang juga melaksanakan kegiatan swab antigen. Juga pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Ketapang. (Yud)

Komentar