News Satu, Ogan Komering Ilir, Rabu 26 Agustus 2020- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan deteksi dini penularan virus corona (Covid-19), dengan menggencarkan pelaksanaan tes di instansi pemerintahan dan pusat layanan publik. Seperti pada Rabu, (26/8/2020) Pemkab OKI menggelar rapid test bagi 220 pegawai di sejumlah instansi pemerintahan dan perkantoran di Pemkab OKI.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan,  mengatakan upaya ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta memastikan pelayanan publik di perkantoran dan intansi pemerintah aman dari Covid-19.

“Tujuannya, untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Instansi pemerintahan dan pusat layanan publik,” katanya Rabu (26/8/2020).

Iwan menyebut ada penyesuaian metode yang dilakukan satuan tugas Covid-19 dalam penanganan Covid-19 di OKI.

“Diawal-awal dulu klaster penularan oleh Pelaku Perjalanan daerah Terjangkit (PPT), lalu dari warga luar OKI, sekarang kita fokus pencegahan  jangan sampai ada penularan lokal,” kata Iwan. Hal ini katanya seiring dengan kebijakan telah diperbolehkannya ASN untuk melakukan perjalanan dinas keluar daerah.

Iwan menambahkan kesadaran masyarakat untuk datang sendiri ke pusat isolasi jika memilki gejala Covid-19 semakin tumbuh.

“Kesadaran masyarakat OKI yang merasa dirinya terjangkit juga semakin baik. Mereka datang secara mandiri ke pusat isolasi untuk diperiksa maupun karantina mandiri,” ujarnya.

Meski demikian ungkap Iwan pemerintah tidak henti mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski penyebaran Covid-19 di Kabupaten OKI dianggap masih terkendali.

“Kebiasan baru pasca Covid-19 seperti rutin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak harus tetap dilakukan karena corona masih ada disekitar kita,” tambahnya. (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.