Dengan KTP, Warga Pamekasan Gratis Layanan Kesehatan

News Satu, Pamekasan, Selasa 27 Desember 2022- Warga Bumi Gerbang Salam akan mendapat layanan kesehatan dan pengobatan gratis dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur. Pasalnya, terhitung pada 7 Januari 2023 mendatang seluruh biaya pengobatan warga cuma-cuma di semua fasilitas kesehatan dalam program universal health coverge (UHC).

Tak ayal, jika pada Senin pagi program spesial itu diluncurkan oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam bersama jajaran Forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda). Lalu juga secara resmi, disaksikan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan seluruh kepala desa se Pamekasan di Ballroom Azana Hotel, Jalan Jokotole Pamekasan.

“Mulai tanggal 7 januari 2023 masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, semuanya gratis. Kalau gratis nanti tingkat kesejahteraannya akan bagus,” tegasnya.

Kedepannya, segenap elemen masyarakat yang sakit dapat memanfaatkan program itu di semua fasilitas kesehatan atau faskes. Diantaranya, seperti layanan Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Smart.

Secara teknis Masyarakat yang berasal dari kabupaten pamekasan cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP). Itu dilakukan ketika akan mendaftarkan diri dan berobat, agar tidak dipungut biaya alias gratis saat mendapatkan pelayanan.

“Kami memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat, masyarakat yang butuh layanan kesehatan cukup datang ke puskesmas, rumah sakit dengan hanya menunjukkan KTP,” tukasnya.

Bupati Baddrut juga tegaskan program tersebut sebagai ikhtiar dan hadirnya Pemkab Pamekasan dalam melayani kesehatan masyarakat seutuhnya. Itu setelah adanya mobil sigap yang didistribusikan ke seluruh desa, dan program Pamekasan Call Care (PCC) yang sudah berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat hingga pelosok.

“Sekarang masyarakat tinggal telpon untuk minta diantar ke fasilitas kesehatan, kemudian mobil sigap menjemput ke rumahnya. Setelah di rumah sakit cukup menunjukkan KTP, gratis, profesional, dan cepat. Program ini untuk masyarakat Pamekasan,” tuturnya.(Yudi)

Komentar