Ini Upaya Bupati Baddrut Tamam untuk Wujudkan Pamekasan Hebat

News Satu, Pamekasan, Sabtu 16 April 2022- Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam, miliki strategi khusus dalam upaya pemulihan ekonomi dan wujudkan Pamekasan Hebat dalam masa kepemimpinan yang dipercayakan. Yakni diantaranya dengan menggali potensi masing-masing desa dalam strategi desa tematik, artinya desa harus memiliki tema.

Nah, strategi ini diharapkan semua desa mampu menggali potensi desanya menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakatnya. Sehingga percepatan pembangunan dan kesejahteraan berbagai kreasi serta kearifan lokal di bumi gerbang salam lebih optimal.

Bupati Baddrut, juga terus berusaha mendorong terciptanya ribuan pengusaha. Yaitu melalui program andalannya, sapu tangan biru atau sepuluh ribu pengusaha baru yang sudah bergulir melalui dinas terkait di pemerintah kabupaten Pamekasan.

Diharapkan melalui program ini Pemkab bisa dengan cepat memberi fasilitas pelatihan gratis bagi masyarakat. Lalu setelah itu bisa memberikan fasilitas pinjaman modal dengan bunga nol persen, dan memberi bantuan alat produksi, selain fasilitasi pemasarannya ke khalayak umum.

“Kalau semua desa itu makmur, maka Pamekasan sukses pembangunannya. Karena fokusnya di desa, maka kita harus tahu persoalan desa, ada potensi apa yang mau dikembangkan di desa, dan ada keinginan terpendam apa di desa,” kata Mas Tamam, Sabtu (16/4/2022).

Menurutnya, semua keinginan Pamekasan untuk maju dan berdaya saing itu harus diusung semangat besar segenap elemen masyarakat dan stakeholder. Jadi tidak hanya dari pemkab, melainkan dari seluruh masyarakat dengan semangat sejahtera dari bawah, berkeadilan untuk Pamekasan Hebat.

“Tentu dengan demikian, setiap desa harus mampu menggali potensinya untuk dikembangkan bersama-sama,” paparnya.

Baddrut Tamam juga menyampaikan pada media, soal potensi desa setempat yang luar biasa. Diantaranya yakni berupa warisan budaya Nusantara, dalam wujud batik tulis dengan kualitas tinggi yang tengah di promosikan oleh pemkab dalam tour Jawa Bali.

“Karena orang luar masih banyak tidak tahu kalau Pamekasan itu mempunyai batik yang bagus. Termasuk kita punya program Pamekasan Fashion Weekend yang tidak ada maksud lain demi kesejahteraan masyarakat, khususnya perajin batik,” tukasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, di bidang pendidikan pihaknya mampunyai program beasiswa, mulai beasiswa santri. Bahkan juga ada beasiswa kedokteran untuk pelajar Pamekasan yang tidak mampu dan pandai, agar memiliki kesempatan untuk mengejar cita-cita dan berguna untuk masyarakat ketika telah lulus jadi dokter.(Yudi)

Komentar