Kemilau Madura dan PNC Memukau Masyarakat Pamekasan 

News Satu, Pamekasan, Senin 24 Oktober 2022- Gelaran Malam Kemilau Madura yang dibesut Pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur dikemas memukau. Pasalnya, malam spektakuler yang dipusatkan di Jalan Kabupaten itu sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pamekasan ke 492 dengan menampilkan kekayaan budaya Madura. Meliputi kekhasan Kabupaten Sumenep, Sampang, Bangkalan dan Pamekasan, pada Sabtu malam.

Tak ayal jika Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam memberi sambutan dengan memakai odeng khas Pamekasan yang disambut riuh sorak warga. Apalagi didampingi Wakil Bupati RB. Fattah Jasin, Sekretaris Daerah, Totok Hartono, Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto, Dandim 0826 Letkol Inf. Ubaidillah, Ketua DPRD Halili Yasin, dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda).

“Selayaknya kita bersyukur kepada Allah SWT atas hari jadi Kabupaten Pamekasan yang ke 492, perjalanan panjang Pamekasan ini tentu diurus, diayomi dan didoakan oleh para alim ulama, para pejabat, dan seluruh elemen masyarakat. 492 tahun ini bukanlah perjalanan yang pendek,” tandasnya.

Dalam pemikirannya etape kepemimpinan di Kabupaten Pamekasan menunjukkan progres yang positif dari berbagai hal, termasuk pula di bidang ekonomi. Berbagai event yang digelar pemerintah kabupaten sebagai wujud syukur atas capaian yang telah diraih, serta syukur atas kesempatan mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Termasuk reformasi birokrasi, saya bersama pak wabup berkomitmen untuk menjadikan jabatan ini sebagai alat pengabdian dan perjuangan, bukan tujuan. Karena alat pengabdian, maka saya berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang excelent kepada masyarakat,” tukasnya.

Karenanya, secara khusus Baddrut Tamam sampaikan atas nama Pemkab Pamekasan, ucapan selamat hari jadi Kabupaten Pamekasan ke 492. Kemudian doakan mudah-mudahan Pamekasan maju, desa makmur, dan Pamekasan hebat bisa semakin tampak ke khalayak.

“Jika kita ingin jadi bagian dari succes story Pamekasan, ayo kita bersama-sama,” harapnya.

Sementara itu, Hari jadi Bumi Gerbang Salam pada tahun ini juga makin gemerlap dengan digelarnya Pamekasan Night Carnival (PNC) pada Jumat malam kemarin. Pasalnya dalam peringatan ke 492 itu berlangsung spektakuler.

Nah, memang pada Pamekasan Night Carnival diikuti siswa sekolah menengah atas negeri (SMAN), sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN). Bahkan komunitas sanggar seni dan budaya tersebut menjadi ajang menampilkan budaya, serta kearifan lokal Pamekasan dengan busana apik dan menarik.

Buktinya, ada batik tulis dengan design berbeda-beda hasil beberapa designer Pamekasan. Tidak hanya itu, kearifan lokal berupa monumen Arek Lancor, Mandhapa Agung Ronggosukowati dan kekayaan budaya Pamekasan lainnya juga ditampilkan dalam balutan kostum carnival.(Yudi)

Komentar