News Satu, Pontianak, Rabu 24 juni 2020- Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, menargetkan pada tahun 2021 tidak ada lagi Desa tertinggal. Sebab, derdasarkan data  yang ada pada saat i, banyak Desa di Kalimantan Barat (Kalbar) yang tertinggal.

“Pemerintah akan mengupayakan agar desa desa bisa maju, Berkembang, dan madiri Sehingga di tahun depan tidak ada lagi desa yang tertinggal,” ujar Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji.

Sampai saat ini desa desa yang ada di kalimantan menurut data yang  diperoleh Pemerintah setempat sebanyak 566 desa. Dari sekian Desa contohnya desa yang ada di sambas, Disana ada 1 Desa yang tertinggal, Perkembangan dan kemajuan desanya cuma rata-rata 38 persen untuk kemandirian desanya.

“Sedang kan untuk Kabupaten lain termasuk Mempawah itu  ada 2 desa yang jumlah perkembangannya ada 6 Desa, terus yang maju nya ada 23, dan Desa  mandirinya ada 29,” ungkapnya.

Untuk Kabupaten Sanggau Desa tertinggalnya ada 49, desa yang berkembang ada 81, Desa maju ada 25, Desa mandiri nya ada 8. Dari banyaknya desa yang sekarang tertinggal memang  ini menjadi peran penting bagi pemerintah setempat untuk mengupayakan.

“Meski dalam hal ini desa-desa selalu ada peningkatan secara signifikan, dan tidak di temukan desa yang sangat tertinggal, Pemerintah akan tetap terus mengupayakan agar semua Desa di Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi berkembang dan terus maju menjadi desa yang mandiri,” tandasnya.

Untuk sekarang memang desa yang sangat tertinggal tidak ada. Dan cuma desa desa yang tertinggal saja yang yang sekarang ini kita upayakan menjadi Desa yang lebih maju. Terutama dalam perkembangan, kemajuan dan kemandirian untuk Desa Mempawah saya yakin dalam 2  tahun ini akan berkembang menjadi Desa yang Lebih maju.

“Semoga aja untuk desa desa yang tertinggal untuk 2 tahun kedepan nya Pemerintah akan menjadikan desa  yang tertinggal akan lebih berkembang lagi,” Pungkasnya. (Adhie)

Komentar