Ini Langkah Dinkes Kota Probolinggo Hadapi Leptospirosis

News Satu, Probolinggo, Sabtu 3 Desember 2022- Memasuki musim penghujan dan banjir maka pihak Dinas Kesehatan Kota Probolinggo melakukan surat edaran tentang kewaspadaan Kejadian Luar Biasa (KLB) masalah Leptospirosis kepada pihak terkait setelah pihaknya mendapat surat edaran (SE) dari Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

Plt Dinkes Kota Probolinggo, dr Nurul Hasanah Hidayati mengatakan pihaknya sudah melakukan surat edaran setelah dirinya mendapatkan SE dari Walikota Probolinggo dan melakukan langkah – langkah adanya SE tersebut.

“Langkah Dinkes Pertama, Sosialisasi dan penyuluhan di masyarakat melalui posyandu, puskesmas, membuat flyer dan Kedua, kesiapan petugas, obat dan sarana pemeriksaan serta yang ketiga, meningkatan survailence di masyarakat,” singkatnya.

Secara terpisah, Fitriati salah satu wali murid SMPN 9 Kota Probolinggo menyampaikan bahwa dirinya mendapat surat edaran dari pihak sekolah soal KLB Leptospirosis melalui grup WhatsApps wali murid.

“Kita sudah Terima SE perihal KLB Leptospirosis dari grup Whatsapp. Di edarkan oleh Dinkes meneruskan SE Walikota Probolinggo,” ujarnya.

Perlu diketahui, Leptospirosis itu adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan bakteri Leptospira SP yang menular dari hewan ke Manusia dan berakibat kematian. Hewan yang menjadi sumber penularan diantaranya Tikus, Kucing, Babi, Sapi, Anjing dan Kambing. Sedangkan gejala penyakit tersebut yaitu, Demam, Sakit kepala, Badan lemah, Kekuningan pada kulit, Mata merah dan Nyeri otot betis. (Bambang) 

Komentar