oleh

Pilkada Serentak Di Jatim, Polres Sampang Siagakan 104 Personil

News Satu, Sampang, Sabtu 28 November 2020- Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Polres Sampang, Madura, Jawa Timur menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas).

Hal itu dilakuka  guna meningkatkan kemampuan dan kesiap siagaan anggota dalam penanganan massa yang bisa saja terjadi selama proses pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Pada pelaksanaan Pilkada tahun 2020 ini, Polres Sampang direncanakan akan mengirimkan personil untuk melaksanakan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumenep, pada 9 Desember 2020.

Sejak awal pekan ini sebanyak 104 anggota gabungan Polres Sampang dan Polsek jajaran yang disiapkan melaksanakan pengamanan Pilkada Sumenep, yang dilakukan setiap pagi pukul 08.00 Wib untuk mengikuti latihan Dalmas.

Dalam kegiatan tersebut, langsung diawasi oleh para PJU Polres Sampang agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai protap pengendalian yang seharusnya.

Kasat Sabhara Polres Sampang AKP Joko Dwi Agus S memimpin anggota gabungan latihan Dalmas di Jalan Wijaya Kusuma Barat tepatnya di depan gedung DPRD Sampang.

Dalam latihan intensif tersebut sebanyak 104 anggota yang terpilih untuk BKO Pilkada Sumenep dibagi menjadi beberapa regu. Itu diantaranya ada 1 regu Dalmas awal dan 1 regu Dalmas lanjut.

“Dalam latihan tersebut juga diturunkan dua kendaraan dinas yaitu mobil Armored Water Canon (AWC) Polres Sampang dan mobil penerangan Sat. Sabhara Polres Sampang yang sering digunakan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sampang,” kata Kasat Sabhara Polres Sampang, Sabtu (28/11/2020).

Dalam simulasi ini, dari dalam mobil penerangan Satuan Sabhara Polres Sampang, AKP Joko Dwi Agus S selaku Danki Dalmas memerintahkan pasukannya untuk membuat formasi bersaf dengan membawa tali Dalmas.

Seketika, Anggota Dalmas gabungan Polres Sampang dan Polsek jajaran berlatih memulai dengan skenario tertib (Hijau), skenario tidak tertib (Kuning). Bahkan sampai pada skenario melanggar hukum (Merah) dengan memperlihatkan beberapa formasi pengendalian massa.

“Latihan formasi lapis ganti pasukan hingga formasi lintas ganti pasukan juga kami simulasikan sebagai langkah pemantapan personil nantinya di lapangan,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz S.IK, M.Si melalui Kabagops Polres Sampang AKP Roycke Hendrik Fransisco B, S.I.P, S.IK mengatakan dalam Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, Polres Sampang akan membantu Polres Sumenep. Terkait dengan teknis pengamanan pelaksanaan Pilkada yang diikuti 2 pasangan calon kepala daerah tersebut.

Sebenarnya latihan Dalmas sudah menjadi rutinitas anggota Polres Sampang dan Polsek jajaran setiap hari rabu setiap minggunya. Semuanya dilakukan guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan setiap anggota dalam pengendalian massa.

“Jadi dengan latihan Dalmas persiapan BKO Pilkada Sumenep, anggota bisa semakin profesional dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang menyampaikan pendapat / aspirasi di depan umum demi terpeliharanya ketertiban umum,” terangnya.

Kabagops Polres Sampang berharap, seluruh anggota yang melaksanakan BKO ke Polres Sumenep untuk selalu menjaga kekompakan dan menjaga kebersamaan dan selalu menjaga nama baik Polres Sampang.

“Laksanakan tugas pengamanan Pilkada Sumenep penuh tanggung jawab, Humanis dan tegas serta mengikuti semua perintah perwira pengendali yang melekat selama pelaksanaan Pilkada” pungkasnya. (Yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.