Hadapi Arus Mudik, Polres OKI Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

News Satu, Ogan Komering Ilir, Jumat 5 April 2024- Dalam mengantisipasi lonjakan arus mudik menjelang perayaan Idul Fitri 1445 H, Polres Ogan Komering Ilir (OKI), Polda Sumatera Selatan (Sumsel), menggelar apel pasukan Operasi Ketupat 2024 dengan penuh semangat.

Kapolres OKI, Hendrawan, menegaskan bahwa Operasi Ketupat 2024 adalah komitmen nyata dari TNI-Polri dan para stakeholder terkait untuk memastikan keamanan para pemudik dan perayaan Idul Fitri. Melibatkan total 155.165 personel.

“Operasi ini akan berlangsung selama 13 hari, dimulai dari tanggal 4 hingga 16 April 2024, dengan persiapan sebelumnya dan evaluasi pasca operasi,” katanya, Jumat (5/4/2024).

Sesuai dengan amanat Kapolri, akan pentingnya sinergi antara Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan instansi terkait lainnya.

“Hal ini tercermin dari penerbitan Surat Keputusan Bersama yang mengatur pengaturan lalu lintas selama arus mudik dan balik, termasuk sistem ganjil genap, penyeberangan, hingga penundaan proyek konstruksi,” tandasnya.

Sementara, Pj Sekretaris Daerah, M. Refly MS, menggarisbawahi urgensi menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik dan balik, mengacu pada data survei kepuasan masyarakat dan estimasi pergerakan yang signifikan oleh Kemenhub RI.

“Kami sangat apresiasi kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini, serta berharap agar seluruh petugas dapat bekerja dengan maksimal guna memastikan mudik berlangsung aman dan tenang,” ungkapnya.

Tidak hanya melibatkan pasukan dari Kepolisian, TNI, namun juga Satpol PP, Damkar, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas, Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 Polres OKI menegaskan komitmen semua pihak dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik tahun ini.

“Dengan semangat kerjasama lintas sektor, diharapkan perjalanan pulang kampung bagi masyarakat dapat berlangsung dengan aman dan nyaman,” pungkasnya. (Hasan)

Komentar