oleh

Sikapi Dampak Kabut Asap, Dinkes OKI Bagikan Masker Secara Gratis

News Satu, Ogan Komering Ilir, Rabu 28 Agustus 2019- Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) membagikan masker secara gratis kepada para pengendara mobil dan sepeda motor di Kayuagung. Kegiatan yang dipusatkan di persimpangan Mapolres OKI ini dilakukan sebagai salah satu antisipasi dampak yang ditimbulkan oleh kabut asap yang belakangan mulai mengganggu aktivitas masyarakat.

“Bagi-bagi masker ini salah satu upaya kita dalam menyikapi dampak dari kabut asap. Semoga hal ini bisa mencegah masyarakat dari penyakit ISPA,” kata Kepala Dinas Kesehatan OKI H M Lubis didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Iwan Setiawan, Rabu (28/7/2019).

Terkait penyakit ISPA, ditambahkan Iwan, hingga saat ini belum ada peningkatan yang begitu signifikan. Karena sebelum terimbas karhutla, pihaknya juga menerima laporan penyakit ISPA dari Puskesmas-Puskesmas.

“Masih dalam ambang batas wajar, setiap bulan kita terus menerima laporan. Selain itu antisipasi juga dilakukan di wilayah lain terutama wilayah yang ada dan rawan kabut asap. “Di sana juga disiagakan petugas-petugas kesehatan yang dilengkapi obat-obatan. Jadi sementara menyikapi kabut asap ini ada berapa metode seperti pembagian masker dari Dinkes melalui Puskesmas kepada masyarakat,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, dalam beberapa hari belakangan kabut asap dari karhutla mulai terlihat di beberapa wilayah di Kabupaten OKI. Kondisi ini sangat mengganggu kenyamanan warga terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

“Iya memang dalam beberapa hari ini mulai terasa berat (bernafas), kalau dilihat juga mulai terlihat putih-putih asap meskipun belum terlalu mengganggu penglihatan,” kata Edi warga Kayuagung.

Dirinya berharap agar karhutla ini tidak lagi terjadi. “Semoga tidak ada lagi di manapun agar tidak ada lagi asap. Selain itu semoga segera turun hujan untuk mengurangi kabut asap ini,” harapnya. (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.