News Satu, Pamekasan, Kamis 7 April 2022- Berbagai upaya yang dilakukan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Pamekasan untuk melakukan inovasi berbasis digital. Itu dilakukan sebagai wujud sinergis dalam memenuhi arahan Bupati Baddrut Tamam yang menginginkan kecepatan dan ketepatan di era 4.0, terlebih untuk peminjaman fasilitas olahraga di Pamekasan.

Salah satunya, yakni dengan terus melakukan perubahan dan kemajuan sesuai tuntutan era revolusi industri dan digitalisasi. Wujud sederhana itu, diantaranya dengan aktivasi dan pembuatan website yang digagas Dinas kepemudaan, olahraga dan pariwisata kabupaten Pamekasan. Itu dilakukan dengan cepat dan taktis oleh tim informasi dan teknologi setempat, setelah adanya perubahan Kepemimpinan dinas terkait yang kini dijabat oleh Kusairi

Memang, gagasan pembuatan website yang miliki Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kabupaten Pamekasan saat ini sesuai dengan tupoksi. Terutama untuk percepatan layanan informasi, sewa fasilitas online seperti gedung olahraga, ruang kepemudaan dan pariwisata kepada semua yang membutuhkan akses.

Bahkan, Kepala Disporapar kabupaten Pamekasan, Kusairi menyampaikan diera modernisasi pihaknya telah menggagas percepatan layanan keolahragaan. Itu sesuai dengan semangat program prioritas pemkab Pamekasan di dinas ini dalam bidang pelayanan publik dan reformasi birokrasi internal.

“Jadi Website milik Disporapar tentu akan mempermudah layanan masyarakat dalam sistem sewa menyewa tempat,” ungkapnya, Kamis (7/4/2022)

Semua, nanti akan bermuara pada upaya memudahkan masyarakat yang membutuhkan semua fasilitas olahraga. Pasalnya, Mereka cukup menggunakan ponsel Android sendiri, kemudian langsung bisa akses link http://disporapar.pamekasankab.go.id/, dan akan terjadwal secara online di data peminjaman tempat berikut berbagai hak dan kewajiban yang ada.

Tak ayal jika sistem layanan responsif ini akan berlaku pada semua masyarakat baik di luar Madura maupun yang ada di kabupaten Pamekasan. Khususnya bagi yang segera mendapatkan respon dan kepastian saat membutuhkan fasilitas olahraga untuk kebutuhan acara dan kegiatan masing-masing nantinya.

“Untuk fasilitas olahraga ada empat tempat yang sudah disediakan oleh pemkab Pamekasan diantaranya; Gor Nyalaran, Stadion Pamelingan, Gor Teja dan Arek Lancor,” tukasnya.

Disamping itu, Kusairi juga menyampaikan dengan beroperasinya sistem baru ini, pemerintah kabupaten Pamekasan melalui Disporapar sudah menyediakan beberapa item layanan responsif dan transparan. Lalu diharapkan akan mudah untuk dimanfaatkan oleh masyarakat dan kalangan pemuda yang ada di bumi gerbang salam.

“Aplikasi ini akan optimal, pertama untuk layanan fasilitas olahraga, kedua layanan informasi pariwisata dan ketiga kepemudaan, Namun untuk peminjaman SGMRP masih ditutup sementara karena ada peremajaan rumput dari 3 hingga 10 April 2022 mendatang,” tuturnya.

Disamping itu Kadis Porapar kembali paparkan, dengan terbentuknya sistem layanan terbaru itu, akan mudah mengontrol dan tentu lebih efektif dibandingkan sistem yang sebelumnya. Sebab semua sudah online serta semua orang bisa langsung mengecek informasi dan ketersediaan fasilitas olahraga yang diinginkan untuk kemudian dimanfaatkan bersama sesuai aturan yang berlaku.

“Manfaat dari layanan ini bisa memantau banyaknya pengunjung pariwisata yang terpantau dengan oleh sistem layanan responsif ini.” Pungkasnya.(Yudi)