Jelang Lebaran, Tim Brimob Geledah Hunian Lapas Kelas IIA Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Kamis 28 April 2022- Upaya melaksanakan deteksi dini terhadap gangguan keamanan ketertiban, Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim dilakukan secara rutin. Bahkan mereka melaksanakan kegiatan razia kamar hunian dengan berbagai unsur penegak hukum lainnya di waktu tertentu.

Terbukti mulai Senin malam lalu sekiranya pukul 21.30 Wib ada yang sedikit berbeda pada sesi razia kamar hunian Lapas di Pamekasan itu. Sebab, pada kegiatan ini turut serta tim khusus dari Satrimob Polda Jatim Batalyon A pelopor kompi 3 Pamekasan, Jawa timur ke dalam hunian.

Tak ayal jika dalam razia gabungan ini dijadikan implementasi langkah progresif deteksi dini. Khususnya terhadap gangguan keamanan dan ketertiban serta wujud sinergitas Lapas Pamekasan terhadap aparat penegak hukum lainnya.

“Pada giat razia ini menyasar pada blok pusat yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan Kepala Lapas Pamekasan Bapak Seno Utomo,” ungkap Kepala KPLP setempat, Leksono Novan, Rabu (27/4/2022) malam.

selanjutnya disisi lain, Kalapas Kelas IIA Pamekasan Seno Utomo menekankan kepada seluruh petugas Lapas untuk selalu melaksanakan 3 + 1 kunci PAS. Diantaranya, deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, ikut serta dalam pemberantasan narkoba, sinergitas dengan aparat penegak hukum lainnya serta back to basic Pemasyarakatan.

Selain itu Seno Utomo menerangkan pada media bahwa kegiatan razia ini merupakan tindak lanjut dari pimpinan untuk selalu menerapkan deteksi dini terlebih dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan di hari kemenangan itu akan lebih nyaman dan tidak ada gangguan berarti di dalam hunian.

Tak ayal Juga jika harapan dan arahan itu dilakukan secara baik oleh tim yang dipimpin Ka. KPLP Lapas Pamekasan Leksono Novan. Bahkan dia juga ikut serta dalam razia dan tidak temukan barang terlarang di dalam Lapas kelas IIA Pamekasan tersebut.

“Malam ini kita telah melaksanakan razia kamar hunian dan hasilnya tidak ditemukan barang terlarang, saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Brimob yang ikut serta dalam melaksanakan razia malam ini. dalam razia ini kita menemukan sajam sendok dan beberapa kabel yang tidak sesuai prosedur,” ujarnya.

Nah, sekedar informasi, selanjutnya barang temuan lainnya Lang diserahkan kepada Adm. Kamtib dan KPLP. Lalu semua akan dimusnahkan dan menganalisis hasil penggeledahan untuk di jadikan introspeksi dalam pelaksanaan ketertiban dan keamanan Lapas di Pamekasan kedepannya.(Yudi)

Komentar