Rekrutmen PPK Pilbup 2020 Jadi Pantauan Bawaslu Sumenep

News Satu, Sumenep, Selasa 4 Februari 2020- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan pemantauan terhadap rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Saat ini kami fokus memantau penetapan kandidat 10 besar calon anggota PPK di 27 kecamatan yang dilakukan oleh KPU Sumenep,” kata Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris, Selasa (4/2/2020).

Lanjut Noris, hal itu dilakukan untuk memastikan jalannya tahapan rekrutmen PPK yang dilakukan oleh KPU Sumenep, apakah peserta yang lolos dalam 10 besar benar-benar tidak bermasalah.

“Secara khusus kami telah memerintahkan kepada semua panitia pemilihan kecamatan (Panwascam) Pilbup 2020 untuk melakukan penelusuran mengenai rekam jejak dari 10 kandidat PPK yang diumumkan KPU tersebut,” tandasnya.

Baca Juga :  Polres Sumenep Periksa Kesehatan Personil Pengamanan Dan PPK

Hasil dari pengawasan itu, nantinya akan menjadi acuan untuk diteruskan ke KPU.

“Sekecil apapun yang menjadi temuan tetap akan ditindaklanjuti oleh Bawaslu,” tukasnya.

Noris menegaskan, pihaknya tidak ingin kecolongan adanya penyelenggara Pilbup Sumenep 2020 khususnya ditingkat kecamatan adalah orang yang pernah atau sedang bermasalah.

“Kalau sampai ada orang yang bersamalah, nantinya akan memberatkan langkah KPU kedepannya. Kita tidak menginginkan hal ini. Makanya kita pantau secara detail semua kandidat calon anggota PPK di 27 kecamatan se-Sumenep,” tegasnya.

Selain itu, Noris juga berharap masyarakat ikut terlibat pengawasan di semua tahapan pemilihan Bupati Sumenep 2020.

“Kalau masyarakat mendapati sebuah pelanggaran atau apapun bentuknya, laporkan kepada kami (Bawaslu Sumenep, red). Pasti  akan ditindaklanjuti,” pungkasnya. (Nay)

Komentar