News Satu, Ogan Komering Ilir, Kamis 3 November 2022- Penyuluhan yang merupakan bagian dari kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Satgas TMMD Reguler ke-115 Kodim 0402/OKI memberikan penyuluhan yang difokuskan pada materi wawasan kebangsaan, cinta tanah air, Pancasila, kesadaran bela negara dan Bhineka Tunggal Ika kepada warga di Desa Cahya Bumi, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis (3/11/2022).

Kapten Kav Army Joyo, selaku Koordinator Penyuluh sekaligus narasumber mengatakan, kondisi masyarakat di Desa Cahya Bumi ini sangat beragam mulai dari suku yang mendiami, agama yang dianut hingga kehidupan budaya dan sosial. Untuk itu, diperlukan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. meski keberagaman yang merupakan anugerah Tuhan yang harus dijaga dirawat dan dilestarikan,” ujar Kapten Kav Army.

Untuk itu, Dikatakan Kapten Kav Army, Materi tersebut guna terus meneguhkan kecintaan terhadap Indonesia termasuk dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan begitu, lanjut Kapten Kav Army, maka Desa Cahya Bumi akan selalu damai, aman, nyaman, tentram dan jauh dari ancaman konflik dalam kehidupan bermasyarakat.

“Tanggung jawab yang dimiliki budaya atas seluruh perbendaharaan perilaku komunikatif dan makna yang dimiliki setiap orang mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika pada masyarakat Indonesia juga menemui tantangan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, program bela negara saat ini kembali digalakkan karena sangat penting diterapkan di seluruh lapisan masyarakat.

Selain untuk memupuk jiwa cinta tanah air di dalam materi pembekalan ini juga kita tekankan pada pendidikan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan disiplin serta etos kerja serta toleransi dan rasa saling menghargai,” tutupnya. (Hasan)

Komentar