Aksi Donor Darah Bersama PMI Di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Sabtu 20 April 2024- Sebagai bagian dari peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang ke-60 tahun 2024, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar aksi donor darah di Aula Lantai 1 Gedung Utama Lapas tersebut.

Acara ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekaligus sebagai bentuk kontribusi positif dari UPT Pemasyarakatan. Kegiatan donor darah ini merupakan kolaborasi antara Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pamekasan.

Dalam sesi donor darah pertama, Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yhoga Aditya Ruswanto, turut serta bersama dengan PIPAS Cabang Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, seluruh pegawai Lapas, dan pegawai Bapas Pamekasan.

Sebelum mengikuti proses donor darah, calon pendonor diwajibkan mengisi formulir data keterangan fisik serta menjalani screening kesehatan, termasuk pengecekan tekanan darah dan kadar hemoglobin (HB).

Menurut Yhoga Aditya Ruswanto, Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, aksi donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HBP ke-60 dan menjadi bentuk nyata kepedulian UPT Pemasyarakatan terhadap sesama, sesuai dengan tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”.

“Dukungan dan kerjasama dari PMI Pamekasan sangat berarti bagi suksesnya kegiatan donor darah ini. Terima kasih kami sampaikan kepada PMI Pamekasan atas peran aktifnya,” ucap Yhoga Aditya Ruswanto, Sabtu (20/4/2024).

Kegiatan donor darah ini, tidak hanya memberi manfaat bagi penerima darah tetapi juga bagi para pendonor sendiri.

“Rutin mendonorkan darah diharapkan dapat menjadi kebiasaan baik bagi kesehatan diri serta sebagai bentuk ibadah dan kepedulian sosial,” tandasnya.

Acara donor darah di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan berlangsung dari pagi jam 09.00 hingga 12.00 WIB. Setiap tetes darah yang terkumpul dari aksi donor ini diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi mereka yang membutuhkan.

“Semoga kegiatan semacam ini terus berlanjut dan memberikan inspirasi bagi lembaga pemasyarakatan lainnya untuk turut serta berperan aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan sosial,” pungkasnya. (Yudi)

Komentar