Inovasi TNDE, cara Diskominfo Pamekasan Efektifkan Pola Administrasi Pemkab

Spread the love

News Satu, Pamekasan, Rabu 7 September 2022- Inovasi dalam mendukung program prioritas Bupati Baddrut Tamam terus dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Buktinya mereka telah berencana untuk segera meluncurkan program tata naskah dinas elektronik (TNDE).

Kedepannya secara efektif akan ada penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE), dan pengenalan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini dijabarkan Kepala Diskominfo Pamekasan, Ir. Mohamad, MM kepada segenap media di bumi gerbang salam dan dilaman resminya.

“Secara khusus program itu dirancang untuk efektifitas administrasi organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab),” katanya, Rabu (7/9/2022).

Tentu nanti dampaknya akan menjadi positif dan efektif bagi pelayanan publik. Terutama dalam memantau serta mendorong, kinerja setiap OPD agar dapat meningkat dan berjalan lebih efektif.

Baca Juga :  DPRD Anggap Revitalisasi Pasar Baru Kota Probolinggo Masih Banyak Kekurangan

“Dengan adanya aplikasi TNDE, nantinya akan lebih irit dan praktis dalam pengurusan surat menyurat, karena tidak memakai kertas lagi dan tidak memerlukan jasa kurir untuk mengantar,” tukasnya.

Kadis Kominfo juga menambahkan, server dari program itu nantinya terpusat di instansinya. Sementara setiap OPD akan diberi aplikasi tersebut.  Semua dilakukan ntuk menunjang TNDE, selain pihaknya akan menyediakan menu tanda tangan elektronik. Dengan konsep khusus yang telah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Pemkab Pamekasan, Diskominfo Pamekasan, dan BSSN telah melakukan memorandum off understansing (MoU)  untuk mewujudkan program tersebut,” terangnya pada media.

Diharapkan setelah program tersebut resmi diluncurkan semua administrasi rapi, dan surat menyurat antar OPD lebih efektif dan efesien. Sehingga kerja cepat, kreatif, dan inovatif berjalan sesuai harapan Bupati Baddrut Tamam.

Baca Juga :  DPRRI Fraksi Nasdem Salurkan Bantuan Beasiswa di Probolinggo

“Nanti kalau ada surat keluar atau surat masuk akan ada peringatan dalam aplikasi tersebut. Kami ingin proses pengurusan surat menyurat di sejumlah dinas tersusun lebih rapi dan tidak salah kirim,” tuturnya.(Yudi)

Komentar