Plesir Desa Wisata, Inovasi untuk Geliat Desa Tematik

News Satu, Pamekasan, Kamis 15 Desember 2022- Ikhtiar untuk terus menggeliatkan ekonomi kerakyatan dari pelosok untuk kemajuan daerah terus digenjot pemerintah daerah di bumi gerbang salam. Bahkan dari awal pemerintahannya Bupati Pamekasan Jawa timur Baddrut Tamam mendorong kemajuan Desa, berbasis kearifan lokal itu dalam program prioritas utamanya.

Tak ayal jika hingga saat ini masih terus bermunculan konsep dan destinasi berbungkus Desa Tematik yang semakin meluas hingga desa yang ada di pelosok. Salah satunya seperti yang di lakukan pemerintah desa Kertagena Saya Kecamatan Kadur yang diapresiasi oleh Bupati Pamekasan itu.

“Alhamdulillah, saya bahagia dan senang sekali karena hari ini, Rabu (14/12/2022) bisa meresmikan Program Plesir Desa Wisata Bukit Kehi, Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur,” katanya.

Pasalnya, menurut Baddrut Tamam program ini merupakan lompatan penting dalam rangka mendorong kemandirian banyak sektor di desa-desa. Sehingga pemerataan ekonomi dari kota hingga ke desa akan cepat terakselerasi dengan baik kedepannya.

“Pemkab Pamekasan berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari bawah, adil dan merata,” tandasnya.

Nah, ditambahkan jika ekonomi di desa bagus, maka akan berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian kabupaten. Lalu segenap lapisan masyarakat akan lebih sejahtera sesuai dengan harapan berbagai pihak dan pemerintah daerah melalui inovasi dan kreatifitas sendiri.

“Karena arahnya ke desa kita buat model yang agak berbeda dengan model pemerintahan yang sebelumnya,” imbuhnya.

Baddrut mencontohkan misalnya, semua bisa berkomitmen untuk mendorong pusat kegiatan di desa maka destinasi itu akan lebih hidup dan meriah. Seperti dengan adanya launching plesir desa diletakkan di desa tersebut, dan bisa dirangkai dengan banyak kegiatan lainnya yang menggerakkan ekonomi kerakyatan di sekitar saat itu.

Saat ini telah banyak desa tematik di Kabupaten Pamekasan yang terus dikembangkan oleh pemerintah desa dan difasilitasi oleh pemerintah kabupaten setempat. Yakni seperti desa wisata, desa UMKM, dan konsep inovasi desa lainnya juga dengan semangat yang sama untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan ekonomi kreatif di tengah masyarakat Bumi Gerbang Salam.

“Ayo bawa kabupaten ini menjadi kabupaten yang berdaya saing dengan kabupaten maju di Indonesia,” tutupnya. (Yudi)

Komentar